Gaya Transfer Glamor Barca Berakhir Utang Yang Menggunung

Barcelona boleh merasa percaya diri dengan kekuatan pemain bertabur bintang yang dimilikinya saat ini, namun ada satu hal yang menarik dan pastinya jarang orang mengetahui. Menurut berbagai sumber menyatakan jika Barcelona tidak terlihat sebesar yang ada sekarang, ketika menyadari bahwa finansial mereka sedang tidak sehat.

Jika benar terjadi, maka Barcelona pantas berpikir ulang dalam rencana mendatangkan kembali Neymar dari Paris Saint Germain ke Camp Nou. Usut punya usut, sampai saat ini utang Barcelona mencapai 1,4 miliar USD atau sekitar Rp20 triliun usai mendatangkan Antoine Griezmann dari Atletico Madrid sebesar 120 juta euro atau sekitar 135 juta USD.

Nilai yang rilis terakhir itu adalah nilai beli Griezmann dari Atletico Madrid, yang artinya Barca tidak perlu repot bernegosiasi lagi. Harga Griezmann terbilang tinggi, khususnya untuk Barca yang sudah mengeluarkan 70 juta euro untuk Frenkie de Jong. Menariknya disini bahwa mereka diklaim belum puas dengan hasil yang ada dan siap memulangkan Neymar yang memiliki klausul sebesar 300 juta euro oleh PSG.

Barcelona menjadi tim terdepan yang banyak meraih pendapatan dari hak siar televisi, seperti yang didapatkan Real Madrid. Akan tetapi, mereka terpaksa menjual beberapa pemainnya untuk menutupi utang yang ada sebelumnya. Adapun nama-nama yang siap dilepas Barcelona adalah Ousmane Dembele, Malcom, atau Philippe Coutinho.

Jika mengartikan sikap Barcelona, maka mereka menunggu hasil dari penjualan sebelum akhirnya melakukan pembelian kembali anak yang hilang, Neymar. Ditengah proses pembangunan skuad pemain, ternyata agenda Barcelona cukup besar dan yang mungkin paling besar terjadi adalah ketika uang sebesar 960 juta USD untuk renovasi Camp Nou di tahun 2023.

Menurut lembaga survey menjelaskan jika Barcelona mengalami kerugian kotor mencapai 1,4 miliar USD pada 30 Juni lalu. Dengan rincian utang jangka panjang sebesar 301 juta USD, dan utang jangka pendek sebesar 789 USD. Hasil dari ivestasi peminjaman pemain dan sebagainya hanya menghasilkan 809 juta USD sebagai utang tetap.

Lembaga ahli pun berpendapat bahwa Barca harus mengumpulkan dana sebesar 322 juta USD untuk mengurangi total utang jadi 483 USD saja. Tak berhenti sampai disitu saja, beban Barcelona terlihat semakin berat ketika mengetahui bahwa mereka masih terlilit utang pembayaran lunas kepada pihak Liverpool soal transfer Coutinho musim 2018 kemarin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *